Saturday, November 12, 2011

Pengaruh Budaya dalam Desain Pemodelan Grafik

Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang, budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya. Kali ini saya akan membahas tentang pengaruh budaya dalam Desain Pemodelan Grafis, lebih tepatnya budaya pada suatu produk dan periklanan. Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya – sub-budaya yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi empat jenis kelompok yaitu :
- Nasionalisme,
- Kelompok keagamaan,
- Kelompok ras,
- Area geografis.
Teknologi menyangkut cara-cara atau teknik memproduksi, memakai, serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan. Teknologi muncul dalam cara-cara manusia mengorganisasikan masyarakat, dalam cara-cara mengekspresikan rasa keindahan, atau dalam memproduksi hasil-hasil kesenian.
Faktor budaya memberikan pengaruh luas dan dalam pada Desain pemodelan Grafis, misalnya pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, sub budaya dan kelas sosial pembeli agar dapat memuaskan keinginan dan perilaku konsumen.
Banyak subbudaya membentuk segmen pasar penting dan pemasar sering kali merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen untuk menarik perhatian para konsumen. Dengan begitu budaya dan Desain Pemodelan Grafik mempunyai hubungan dalam pembuatan produk dan program pemasaran tersbut.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

No comments:

Post a Comment