Monday, April 1, 2013

Cloud Computing


Cloud computing atau komputasi awan adalah teknologi yang menggunakan internet dan server pusat yang jauh untuk menjaga/mengelola data dan aplikasi. Cloud computing membantu konsumen dan pebisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa melakukan instalasi, mengakses file pribadi mereka di komputer manapun dengan akses internet. Teknologi ini memungkinkan efisiensi lebih dengan memusatkan penyimpanan, memory, pemrosesan, dan bandwith.

Cloud computing atau komputasi awan merupakan tren baru di bidang komputasi terdistribusi dimana berbagai pihak dapat mengembangkan aplikasi dan layanan berbasis SOA (Service Oriented Architecture) di jaringan internet.
Berbagai kalangan dapat menarik manfaat dari layanan komputasi awan ini baik sebagai solusi teknologi maupun mendapatkan manfaat ekonomis darinya.


Contoh dari Cloud Computing itu sendiri misalnya Yahoo email atau Gmail, dimana kita tidak memerlukan software atau server untuk menggunakannya. Semua konsumen hanya perlu koneksi internet dan mereka dapat mulai mengirimkan email. Software manajemen email dan serber semuanya ada di cloud (internet) dan secara total dikelola oleh provider seperti Yahoo, Google, etc. Konsumen hanya perlu menggunakan software itu sendiri dan menikmati manfaatnya.

Manfaat dari adanya Cloud Computing sangat banyak, yg paling menonjol seperti,

- Kemudahan Akses
Kemudahan akses dari cloud computing misalnya kita tidak perlu mengerjakan suatu pekerjaan pada satu komputer yang sama, kita dapat mengerjakan suatu pekerjaan pada komputer lain hanya dengan terkoneksi dengan internet, kita dapat mengerjakan di Google docs atau Skydrive yg disediakan oleh Windows Live.

- Fleksibilitas
Dengan Cloud Computing kita dapat menyimpan suatu file pada aplikasi – aplikasi yang tersedia di internet, dengan begitu memudahkan untuk mengambil file dimana saja asalkan ada koneksi internet.

- Penghematan
kelebihan lain dari komputasi awan, khususnya bagi perusahaan-perusahaan besar. Dengan adanya sistem komputasi awan memungkinkan perusahaan untuk mengurangi infrastruktur komputer yang memerlukan biaya pengadaan dan perawatan cukup besar

Sementara itu kekurangan dari Cloud Computing yang paling fatal adalah koneksi internet, koneksi internet adalah jalan satu – satu nya untuk mengakses sistem yang ada pada Cloud Computing.

Referensi :
rosid.net

No comments:

Post a Comment