Thursday, May 23, 2013

Implementasi Cloud Computing Pada Bidang Kedokteran dan Diagram Konseptual Cloud Computing

Pada postingan kali ini akan membahas mengenai peranan cloud computing dalam bidang kedokerandan diagram konseptual cloud computing yang meliputi software, hardware, dan brainware, sebelumnya saya akan mengulang sedikit mengenai cloud computing itu sendiri.

Cloud Computing
Definisi Cloud computing atau komputasi awan adalah teknologi yang menggunakan internet dan server pusat yang jauh untuk menjaga/mengelola data dan aplikasi. Cloud computing membantu konsumen dan pebisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa melakukan instalasi, mengakses file pribadi mereka di komputer manapun dengan akses internet. Teknologi ini memungkinkan efisiensi lebih dengan memusatkan penyimpanan, memory, pemrosesan, dan bandwith.
Cloud computing atau komputasi awan merupakan tren baru di bidang komputasi terdistribusi dimana berbagai pihak dapat mengembangkan aplikasi dan layanan berbasis SOA (Service Oriented Architecture) di jaringan internet. Berbagai kalangan dapat menarik manfaat dari layanan komputasi awan ini baik sebagai solusi teknologi maupun mendapatkan manfaat ekonomis darinya.

Cloud Computing Pada Bidang Kedokteran
Manfaat adanya cloud computing juga berdampak pada dunia kedokteran, salah satunya adanya aplikasi “Telemedicine” yang bekerja dengan berbasis cloud computing. Telemedicine adalah layanan kesehatan untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Telemedicine menggunakan praktik kesehatan dengan memakai komunikasi audio, visual dan data. termasuk perawatan, diagnosis, konsultasi dan pengobatan serta pertukaran data medis dan diskusi ilmiah jarak jauh. Cakupan telemedicine cukup luas, meliputi penyediaan pelayanan kesehatan (termasuk klinis, pendidikan dan pelayanan administrasi) jarak jauh, melalui transfer informasi (audio, video, grafik), dengan menggunakan perangkat-perangkat telekomunikasi (audio-video interaktif dua arah, komputer, dan telemetri) dengan melibatkan dokter, pasien dan pihak-pihak lain. Secara sederhana, telemedicine sesungguhnya telah diaplikasikan ketika terjadi diskusi antara dua dokter membicarakan masalah pasien lewat telepon.
Adanya telemedicine pada bidang kedokteran sangat bermanfaat terutama pada 3 aspek, yaitu dokter, pasien, dan rumah sakit diantaranya :

· Mempercepat akses pasien ke pusat-pusat rujukan.
· Mudah mendapatkan pertolongan sambil menunggu pertolongan langsung dari dokter-dokter pribadi.
· Pasien merasakan tetap dekat dengan rumah dimana keluarga dan sahabat dapat memberikan dukungan    langsung.
· Menurunkan stres mental atau ketegangan yang dirasakan di tempat kerja.
· Menseleksi antara pasien-pasien yang perlu dibawa ke rumah sakit dan pasien yang tidak perlu perawatan di rumah sakit akan tetap tinggal di rumah.

Teknologi telemedicine memungkinkan dokter dan pasien terhubung, saat ini telemedicine menggunakan teknologi satelit, video conference dan transfer data melalui ponsel untuk menangani penyakit. Telemedicine merupakan sistem yang sangat berpotensi meningkatkan kualitas kesehatan dengan cara mengontrol dan memberi konsultasi pada pasien tanpa harus bertatap muka secara langsung. Dengan teknologi tersebut, dokter maupun petugas kesehatan dapat mengontrol dan memonitor pasien selama 24 jam.

Arsitektur / Diagram Konseptual Cloud Computing yang Meliputi Software, Hardware, dan Brainware


Diagram Konseptual Cloud Computing

Arsitektur cloud computing menawarkan perangkat lunak, platform, penyimpanan atau infrastruktur di awan(cloud) dan berada di suatu tempat dalam sebuah jaringan. Infrastruktur Cloud computing meliputi perangkat keras dan perangkat lunak. Arsitektur Cloud computing didasarkan pada empat bagian yang terdiri dari bagian fisik yaitu perangkat keras meliputi server dan komponen jaringan, perangkat lunak seperti sistem operasi, sumber daya virtualisasi yang memungkinkan penyatuan dan berbagi sumber daya, dan layanan aplikasi seperti contoh Salesforce.com atau Google Apps. Pengembang layanan menciptakan, menerbitkan, memberikan layanan dan memonitor aplikasi berbasis cloud untuk digunakan oleh konsumen.

Referensi :
wikipedia                             
detik.com
walimemon.com

No comments:

Post a Comment